Kusprayitna Blogs

Hidup untuk berbagi ilmu :: IT Linux Windows Database Oracle PHP OpenSource

Membuat layanan ITSupport online dengan LiveZilla

Posted by kusprayitna on April 2nd, 2009

Layanan ITSupport atau help desk sudah merupakan kebutuhan di suatu institusi. Tidak ketinggalan Universitas Islam Indonesia juga memberikan layanan ITSupport tersebut.

Sebuah website didedikasikan dengan alamat itsupport.uii.ac.id, walaupun isinya kelihatan masih apa adanya dan belum banyak memberi solusi permasalahan yang dihadapi penghuni kampusnya.

Ada sebuah terobasan untuk mempercepat akses layanan ITSupport/Help Desk ditempuh, antara lain suatu institusi akan membuka kanal layanan seperti :

  1. Kaunter layanan langsung
  2. Telpon / Facimili / SMS
  3. Website & Email
  4. Forum interaksi (biasanya dalam website)
  5. Frequently Answered Question (FAQ) (biasanya dalam website juga)
  6. Chating dengan YIM, ICQ, Google Talk, Facebook dan lain-lain

Pada pembahasan berikut akan mengulas layanan Chating, dimana layanan ini sekarang banyak sekali penggunanya dan mudah aksesnya.

Ada website meebo.com yang memberikan akses Chating tanpa harus install aplikasi sedikitpun.

Dari sisi pemberi layanan Chating umumya bersifat personal, artinya log transkrip chating sulit dikomunikasikan sesama staff Support dan Manajer Support juga akan sulit mengontrol isi chatingnya. Jika ada beberapa staff Support bekerja paralel, bagaimanakah chating di tangani?

LiveZilla

Dengan dilatar belakangi hal tersebut diatas, LiveZilla memberikan solusi, yaitu dengan spesifikasi berikut :

  1. Tidak perlu hosting
    Maksudnya LiveZilla dapat jalan di server sendiri, tidak perlu menyewa server khusus dimana ini akan menambah biaya operasional.
    Untuk layanan ITSupport UII yang beralamatkan di itsupport.uii.ac.id, maka livezilla cukup diinstall di itsupport.uii.ac.id/livezilla
  2. Mudah disetup
    Tidak lebih dari 10 menit melakukan instalasi livezilla ini. Setelah download dari websitenya, install di PC Windows dan langsung upload ke server. Manajemen livezilla bisa dilakukan dari desktop hasil instalasi tersebut.
  3. Live Chating
    Fasilitas chating berbasiskan web (script php)
    Bisa ada webcam, suara, upload file dan umpan balik pemeringkatan pelayanan
  4. Realtime visitor tracking
    Dapat memantau pengunjung website secara real time. Begitu seorang membuka website, maka alarm pada PC support akan berbunyai alarm
  5. GeoTracking
    Dapat mengetahui asal lokasi pengunjung, ini diambilkan dari petanya GoogleMap
  6. Manajemen pesan
    Profesionalisme dalam penyampaian pesan, dapat otomatis memberikan pesan selamat datang, menimpan pesan/file yang sering di pakai, transkrip chating, email, dll
  7. Paralel staff
    Bisa melakukan forward chating seperti telpon, dll

Instalasi

  1. Download aplikasi dari http://www.livezilla.net/downloads/?lang=en atau filenya di http://www.livezilla.net/downloads/files/LiveZilla_3.1.7.12_Setup.exe. Hanya tersedia instalasinya untuk OS Windows
  2. Lakukan instalasi file hasil download sampai selesai. Maka akan dibuatkan tiga shortcut , yaitu LiveZilla Client, LiveZilla Server Admin dan UnInstall LiveZilla.
  3. Setup Server (berlanjut di post berikutnya )
    http://kusprayitna.staff.uii.ac.id/2009/04/03/setup-server-livezilla/

6 Responses to “Membuat layanan ITSupport online dengan LiveZilla”

  1. Bonar Says:

    Mantap, bro.

  2. Lukisan Minimalis Says:

    Baru mau coba nih Mas, makasih atas langkah2 diatas,, sangat membantu,,

  3. cerak murah jogja Says:

    terimakasih telah berbagi info ttg ini, sy tertarik mau mencoba, salam dari jogja

  4. abuasyam Says:

    mau tanya mas...
    kalau instal livezilla di joomla bagaimana?
    kalau tidak merepotkan mohon langkah2nya di enail ke email saya.
    terima kasih atas bantuannya....

  5. alfian Says:

    wah ilmu yang sangat berguna sekali..
    alhamdulillah..

  6. hartono Says:

    erimakasih telah berbagi info ttg ini, sy tertarik mau mencoba, salam dari hokimas

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>