Kusprayitna Blogs

Hidup untuk berbagi ilmu :: IT Linux Windows Database Oracle PHP OpenSource

UII Menerima Pegawai Baru ?

Posted by kusprayitna on July 3rd, 2009

Sudah menjadi kebutuhan sebuah perusahaan melakukan regenerasi SDMnya, tidak ketinggalan UII.

Bulan April 2009 kemarin UII melaksanakan Penerimaan Pegawai Tetap dari para pegawai kontrak.

Cukup banyak kemajuan dalam tahap tersebut dalam hal pengakuan pegawai, dari dahulu yang pegawai tetap Adminstratif semua di akui hanya SMA sekarang sudah diakui sesuai kebutuhan masuknya (D3/S1) dan dibutuhkan posisi  Staff IT (walaupun pengakuannya tetap staff Administratif) , dan ada hal yang mungkin UII kelupawaan atau terlalu berani yaitu membatasi usia.

Kalau tahun sebelumnya penerimaan pegawai tetap dari kontrak tidak dibatasi usia, kamarin dibatasi maksimal usia 40 tahun. Padahal cukup banyak pegawai kontrak UII yang usianya diatas 40 tahun (41,42, dll) termasuk di BSI ada seorang yang berusia 42 tahun, sejak masuk SMA (18 th) sampai sekarang kontraaaaaak teruuuus. Saya melihat ini patut menjadi perhatian UII, karena dapat dimungkinkan timbul efek negatif, yaitu :

  1. Pegawai kontrak "pasti" ingin menjadi tetap sehingga dapat jadi pegangan hidup keluarga
  2. Jalan menuju keinginan no.1 sudah tertutup (apalagi jika pimpinan tidak memperhatikan nasip kedepannya/  "KARIR TIDAK ADA" )
  3. Pilihan tinggal 3, yaitu kerja semauanya, atau mencari kerja tempat lain / wiraswasta, dan terakhir mengharap mukjizat Allah (padahal hanya Nabi/Rosul yang mendapatkan mukjizat Allah)

Dari hasil penerimaan tersebut, Badan Sistem Informasi (BSI) UII yang notabenenya menjadi salah satu keunggulan UII (Bertulang punggungkan IT) tidak ada satupun yang diterima, padahal jumlah SDM dari tahun ketahun semakin menurun, yaitu sekarang hanya ada 1 Software development (merangkap analis, programmer, dll), 1 DBA , 3 Jaringan,3 Layanan dan 2 Administrasi. Webmaster barusan keluar bulan Feb 2009 dan semua itu hanya ada 5 pegawai tetap. Hanya timbul satu pertanyaan ada diriku, "Kapankah titik penghabisannya?"

Alhamdulillah tanggal 1 Juli 2009 kemarin ada surat Penerimaan Pegawai Administratif UII.

Dimana sebelumnya di BSI sudah ditawarkan posisi mana yang memerlukannya. (Statusnya tetap Administratif lho walaupun di BSI, artinya  yang penting datang tepat dan pulang jangan terlambat), karena ini menjadi syarat utama saat proses April 2009 kemarin, presensi harus bagus yang ini mengalahkan semuanya. lihat hasil penerimaan disini, yang dapat dilihat ada staff kontrak BSI yang diterima tetapi akhirnya gagal dikarenakan presensinya banyak yang terlambat. Untuk sementara lupakanlah itu .....

Penerimaan kali ini digabungkan antara pelamar umum dan pegawai kontrak UII, yaitu dengan syarat :

Pendidikan D3 maksimal usia 27 tahun dan S1 maksimal usia 30 tahun. Dengan kriteria ini maka staff kontrak BSI yang bisa mendaftar yaitu hanya 2, yaitu 1 staff layanan dan 1 staff administrasi, disini artinya pegawai utama IT BSI yang lama tetap akan kontrak selalu , padahal semua dari mereka sudah punya masa kerja 5 tahun keatas.

Andaikan penerimaan kali ini menerima calon pegawai tetap untuk BSI, terus bagaimana nanti suasana kerja dengan staff lama? Yang baru tetap dan yang lama kontak, padahal "KEY" dipegang staff lama?

Ada solusi , silahkan masukkan pendapat anda.

Makasih

One Response to “UII Menerima Pegawai Baru ?”

  1. wahyu Says:

    Hehehe... lucu ya. Solusinya hanya satu pak Kus. Pegawai BSI mogok kerja, mungkin baru diperhatikan. Itu pun kalau berani.... 🙂

    Tapi jangan kayak saya ya, nanti ndak habis pegawai BSI.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>