Kusprayitna Blogs

Hidup untuk berbagi ilmu :: IT Linux Windows Database Oracle PHP OpenSource

Bermain dengan IGOS8

Posted by Prayitna Kuswidianta on October 31st, 2012

IGOS8 adalah Sistem Operasi karya anak bangsa Indonesia yang secara detail dapat dibaca di website IGOS Nusantara.

Tidak banyak yang dapat saya sampaikan, hanya sedikit komentar setelah mencoba IGOS selama lebih kurang 2 minggu, cukup puas menggunakan IGOS8 dan dapat menggantikan desktop ubuntu 10.04 saya.

Pilihan Fedora sebagai induk OS cukup menyenangkan, sebab banyak server di kantor yang memakai OS Centos, sehingga banyak kesamaan yang didapatkan.

Untuk desktop terdapat dua pilihan yang cukup menawan, yaitu gnome atau mate. Saya mengintall gnome, sebab ini yang paling banyak/sering dipakai.

Status komputer tertampil di layar bagian kanan untuk mempermudah pembacaan

Untuk membantu terhubung ke jaringan, baik itu kabel maupun nir kabel / wireless, IGOS menyediakan icon di pojok kanan atas sebagai shortcut. Yang jika di klik makan muncul pop-up daftar jaringan.

Untuk Aplikasi Office, pilihan IGOS terhadap LibreOffice cukup menyenangkan. Selama ini untuk dilinuk saya sering pakai OpenOffice.org, setelah tahu LibreOffice, maka pilihan aplikasi office langsung pindah ke Libreoffice, dimana perilaku softwarenya lebih banyak kesamaannya dengan Ms office dibanding OpenOffice.org.

Beberapa contoh tampilan libre office dapat dilihat sebagai berikut:

1. Pengolah Kata

2. SpeadSheet

3. Presentasi

4. Pengolah gambar vektor (sepadan dengan CorelDraw)

5. Pengolah Gambar bitmap (sepadan dengan Adobe Photoshop)

6. Browser Internet Mozila Firefox

Dalam browser firefox sudah secara default oleh IGOS terpasang beberapa plugin yang sangat bermanfaat saat browsing antara lain utiliti download, pencegah iklan, pencegah pelacakan (anonimous).

7. Music

Untuk memainkan musik maupun video, IGOS memasangkan GNOME MUSIC Player, dimana kita dapat memutar file-file mp3, mp4, 3gp, avi, dan lain-lain

Banyak aplikasi tambahan yang dapat di pasangkan di IGOS8 ini, antara lain :

Sedangkan untuk aplikadi tambahan desktop yang dapat dipasangkan sendiri antara lain :
( ditambahkan melalui aplikasi terminal)
a.  eMail klien thunderbird
sudo yum install thunderbird
b. aplikasi chating
sudo yum install pidgin
c.  Browser Google-chrome
sudo yum install google-chrome
d. emulator windows
sudo yum install wine wine-wow
(untuk aplikasi wine, diperlukan wine-wow untuk support windows 64bit, jika tidak diinstall akan gagal menjalankan wineserver)

Dengan diinstall wine, maka kita dapat menginstall aplikasi berbasis windows di IGOS. Seperti gambar di bawah saya menginstall VISIO 2007 di IGOS8

e. video player vlc
sudo yum install vlc

Sedikit gambaran tentang IGOS8, semoga bermanfaat

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*